Bedah Kasus Hukum Perkara Indah Goena Nanda VS Allianz

PT Asuransi Allianz Life Indonesia dilaporkan kembali ke Polda Metro Jaya

 

Berikut adalah pokok permasalahan:

Dari sisi Allianz beralasan bahwa surat klarifikasi adalah syarat dapat disetujuinya klaim asuransi dengan meminta catatan medis lengkap Rumah Sakit karena ingin mengetahui kondisi perawatan selama di Rumah sakit dan tanpa catatan medis tersebut maka keputusan klaim tidak dapat disetujui/di proses lebih lanjut.

Tetapi dalam permintaan Surat Klarifikasi ini Allianz dapat didugakan pelanggaran pidana.

1. Allianz berhak untuk melakukan penelusuran terhadap klaim yang diterima. (Buku polis Syarat-syarat manfaat tambahan Flexicare Family Syariah Pasal 7 (3) “ProsedurKlaim”) TETAPI tanggungjawab Allianz lah yang seharusnya melakukan investigasi dan penelusuran tersebut dan seharusnyalah Allianz yang meminta langsung catatan medis lengkap tersebut apalagi Surat Kuasa permintaan rekam Medis telah diberikan nasabah kepada Allianz. Sehingga dengan Allianz meminta nasabah untuk melakukan penelusuran dengan meminta catatan medis lengkap ke Rumah Sakit, Allianz diduga telah melanggar hukum terutama UU No: 8 tahun 1999, tentang Perlindungan Konsumen pasal 8 (f).

2. Dalam Surat  Klarifikasi disebutkan nasabah harus memenuhi  semua  persyaratan  dalam  waktu 2 minggu sejak  tanggal  surat dibuat (21 Maret 2017) dengan  deadline 5 April 2017.  Padahal  sejak  surat  dibuat  ada  waktu  pengiriman surat  yang mana alhasil surat baru diterima tanggal 1 April 2017, dan dengan deadline 4 hari untuk memenuhi  persyaratan  meminta  catatan  medis  lengkap  dari  RS tidak memungkinkan. Dalam permintaan data resume medis maupun pengisian form asuransi oleh  Rumah sakit biasanya  membutuhkan  waktu 1-2 minggu minimal. Itupun apabila dokter  yang  bersangkutan  tidak cuti. Jadi  dengan time table yang  diberikan  oleh Allianz  tidaklah  memungkinkan dengan  hanya  waktu  4 hari  sejak  surat  diterima. Ketika  Indah  Goena  Nanda  datangke  Allianz  tanggal  4 April 2017 dan  menyatakan keberatannya,  Allianz  tetap  pada pendiriannya  untuk  tidak  memperpanjang  waktu deadline  ataupun  menghilangkan  persyaratan  surat klarifikasi  tersebut. Disini dapat terlihat  duga  ada unsur “kesengajaan” yang dilakukan oleh Allianz dengan  mengunakan  alasan  tidak  dipenuhinya  persyaratan  untuk dijadikan  alasan penolakanklaim. Patut  didugakan  unsur  penipuan  dengan  modus  dan  tipu  daya dalam penanganan  klaim.

3.Permintaan  Catatan Medis Lengkap (Bukan Resume Medis) yang  diminta oleh Allianz adalah PERBUATAN MELAWAN HUKUM. Hak pasien adalah resume medis (ringkasan medis perawatan selama dirawat inap), dimana catatan lengkap adalah milik Rumah Sakit, sebagaimana diatur dalam Permenkes No: 269 tahun 2008. Dapat dilihat pula dari jawaban Surat RS atas permintaan Allianz tersebut. Sehingga permintaan Allianz sudah melanggar hukum  yang  berlaku. Disini  dapat didugakan  unsur“kesengajaan” Allianz  dalam  dugaan penipuan dengan mengunakan  tipu  daya  yaitu syarat  yang tidak  mungkin  dapat  dipenuhi  oleh nasabah  sebagai  dasar  penolakan  klaim  sehingga  nasabah mengalami  kerugian material.

4.Perbuatan  Allianz dalam meminta catatan medis lengkap (Bukan Resume Medis) ternyata  sudah  dilakukan oleh Allianz sejak tahun 2015 minimal (LQ Indo Lawfirm ada saksi korban yang  mengalami hal  yang sama  pada tahun 2015) sehingga jelas terlihat bahwa ini bukanlah kelalaian tetapi memang ada unsur “kesengajaan” yang kerap dilakukan sebagai alasan menolak klaim atau mendiskon klaim  nasabahnya.

Kasus diatas masih dalam  proses dan akan terus kami pantau dan kami beritakan perkembangannya. Para masyarakat yang  mengalami kejadian yang sama dapat menghubungi LQ Indonesia Lawfirm melalui klaimku.com agar dapat diselesaikan pula kasusnya.

Semoga review diatas dapat bermanfaat. Tuhan memberkati.

 

 

Advokat Alvin Lim, SH, MSc, CFP

Presiden Komisaris dan Pendiri Quotient Group

 

Responsive WordPress Theme Freetheme wordpress magazine responsive freetheme wordpress news responsive freeWORDPRESS PLUGIN PREMIUM FREEDownload theme free