December 14, 2017

Ingin Hidup Lebih Terjamin? Miliki Lima Jenis Produk Asuransi Ini

Sebelum membeli polis asuransi ada baiknya kita mengetahui produk asuransi yang ingin dimiliki. Sebagian orang awam mungkin tidak begitu mengerti produk-produk asuransi. Produk asuransi sendiri adalah produk finansial yang berguna untuk melindungi anda dari resiko finansial dalam kehidupan.

Dengan adanya proteksi yang diberikan asuransi kita bisa hidup dengan lebih tenang dan dapat bekerja maksimal, karena dalam kehidupan ini kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja anda mendadak terkena serangan jantung? Atau terjadi kebakaran pada rumah? Nobody knows! Disinilah peran penting asuransi. Maka dari itu mari ber-asuransi untuk masa depan yang lebih terjamin.

Berikut adalah produk asuransi yang bisa Anda miliki:

 

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah suatu asuransi yang bertujuan untuk meminimalkan resiko finansial yang terjadi dengan memberikan sejumlah uang pertanggungan pada ahli waris (yang biasanya merupakan keluarga tertanggung) jika tertanggung meninggal dunia. Namun asuransi jiwa tidak hanya memberikan uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. Perusahaan asuransi juga memodifikasi produk asuransi jiwa menjadi beberapa jenis produk yang mempunyai manfaat yang berbeda yang bertujuan untuk  menyesuaikan  kebutuhan, kemampuan dan daya beli masyarakat, yaitu:

  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term)
    Adalah suatu kebijakan yang paling sederhana dan yang paling murah. Polis ini biasanya diambil untuk jangka waktu tertentu misalnya antara 10, 20 atau 30 tahun. Tujuannya yaitu untuk menyediakan kebutuhan temporer, misalnya seperti pendidikan anak, rumah, pembayaran kredit, dan sebagainya. Jenis-jenis dari produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kebutuhan untuk biaya asuransi yang besar, akan tetapi hanya mempunyai daya beli yang terbatas.
  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
    Merupakan asuransi jiwa permanen yang memberikan perlindungan asuransi seumur hidup untuk seseorang. Jika Anda ingin manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian, ataupun untuk Anda yang menyukai ide tabungan jangka panjang yang bisa digunakan untuk kebutuhan darurat atau juga untuk modal berinvestasi, mungkin jenis asuransi ini dapat menjadi pilihan. Akan tetapi Anda juga harus menyiapkan biaya lebih untuk membayar premi asuransi yang satu ini.
  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
    Adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan dua keuntungan sekaligus. Pertama berupa penerimaan sejumlah uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang sudah di sepakati. Dan yang kedua, jika tertanggung masih hidup saat jangka waktu berakhir, tertanggung akan mendapatkan semua uang pertanggungan.

 

2. Asuransi Kesehatan

Beberapa masyarakat awam kurang paham akan perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah asuransi yang berguna menanggung biaya kesehatan ataupun perawatan tertanggung apabila mereka mengalami sakit atau kecelakaan. Perusahaan asuransi kemudian akan akan membayarkan semua keperluan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi yang tentunya semua ini diatur dalam pasal-pasal buku polis setiap perusahaan asuransi.

Baca Juga : Sejarah Asuransi, Bagian 1: Zaman Perunggu

Dalam asuransi kesehatan dengan semakin bertambahnya usia, premi yang dibayarkan akan menjadi lebih mahal karena pada usia tua lebih rentan terkena penyakit. Terutama apabila sampai terkena penyakit kritis maka akan lebih sulit untuk ikut atau diterima dalam program asuransi kesehatan. Jadi, jangan tunggu sampai Anda menua untuk membeli asuransi. Apalagi jika Anda seorang pekerja, memiliki asuransi dapat meminimalkan resiko dan pada saat mengalami sakit dapat tertolong karena memiliki asuransi kesehatan.

 

3. Asuransi Properti

 

Asuransi properti merupakan produk asuransi yang digunakan untuk mengantisipasi resiko kerugian finansial yang diakibatkan oleh kejadian tidak terduga yang terjadi pada properti yang di asuransikan (dapat berupa rumah, apartemen, toko dan beserta isinya).

Dalam hidup pasti akan selalu ada musibah yang datang. Misalnya dapat berupa kebakaran yang menimpa rumah, ataupun toko yang dibobol maling. Disinilah manfaat jika mengasuransikan properti yang dimiliki. Anda tidak perlu takut untuk mengalami kerugian karena dangan penggantian biaya kerugian dari perusahaan asuransi persoalan seperti ini dapat diminimalisir. Ada banyak perusahaan yang menyediakan beberapa produk asuransi properti yang bervariasi sehingga calon nasabah dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

 

4. Asuransin Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah salah satu produk yang merupakan kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka (term life insurance) dengan tabungan (investasi). Perusahaan asuransi akan mengganti uang premi yang dibayarkan apabila sang orang tua meninggal dunia sedangkan anaknya masih harus menempuh jenjang pendidikan.

Boleh dikatakan bahwa asuransi jenis ini memiliki fungsi double, yakni sebagai perlindungan dan sebagai dana pendidikan.

Asuransi pendidikan dapat berfungsi sebagai tabungan masa depan untuk menjamin keberlangsungan pendidikan putra-putri Anda di tengah mahalnya biaya pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan yang wajib untuk anak-anak kita. Keinginan semua orang tua untuk memberikan pendidikan setinggi mungkin kepada anak-anaknya.

 

5. Asuransi Kendaraan

Asuransi jenis ini memberi perlindungan terhadap kendaraan (biasanya mobil) dari resiko bencana, kebakaran, kerusakaan, dan kecelakaan. Ada dua jenis asuransi mobil, yaitu:

  • Asuransi all risk / asuransi keseluruhan (comprehensive).
    Perusahaan asuransi akan membayar untuk kerusakan kecil atau ringan misalnya kerusakan unit mobil seperti lecet pada bodi mobil atau kemalingan asesoris mobil misalnya kaca spion, juga jika ada kerusakan berat lainnya perusahaan asuransi dapat langsung memberikan ganti rugi.
  • Asuransi total loss only (TLO)
    Jika terjadi kerusakan/kehilangan total, misalnya pemilik mobil kehilangan mobilnya, atau terjadi pencurian, perampasan, atau kerusakan sebesar 75% menurut perhitungan perusahaan asuransi, maka pemilik mobil dapat mendapatkan ganti rugi oleh pihak asuransi. Sebaliknya bila kerusakan atau tidakan pencurian kurang dari 75% maka pihak asuransi tidak akan mengganti kerugian. Premi asuransi total loss only (TLO) ini nilainya lebih rendah dari asuransi all risk.

Dengan asuransi all risk, kendaraan Anda akan dilindungi dengan semua jenis resiko termasuk tabrakan kecil hingga hilangnya kendaraan. Sedangkan untuk asuransi TLO, kendaraan Anda hanya dilindungi untuk kecelakaan besar yang mengakibatkan kecelakaan lebih dari 80% atau hilangnya kendaraan.

Asuransi dapat memberikan kita banyak manfaat jika kita mengetahui kegunaan dan pilihan produk asuransi yang tersedia. Tidak salahnya bagi kita melindungi aset berharga. Kita hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai salah memilih produk asuransi yang nantinya hanya akan terbeban oleh premi yang besar namun tidak sesuai kebutuhan kita masing-masing.