December 14, 2017

Jangan Panik! Begini Cara Klaim Asuransi Mobil

klaimku.com – Dalam pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan pengertian dari asuransi kendaraan, (Ingin Hidup Lebih Terjamin? Miliki Lima Jenis Produk Asuransi Ini). Kemudian, sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara klaim asuransi kendaraan tersebut? Jangan sampai Anda hanya membeli asuransi tanpa mengetahui bagaimana cara klaimnya. Simak pembahasan berikut!

Pernahkah Anda terbangun dari tidur dan mobil Anda tidak ada di tempat biasa Anda meletakkannya? Apakah yang Anda lakukan? Jangan panik! Ketika mobil Anda telah hilang akibat dicuri, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak kepolisian, lalu menghubungi perusahaan asuransi dalam waktu 3×24 jam.

Lalu bagaimana jika terjadi kecelakaan? Langkah yang dilakukan sama seperti saat mengalami pencurian mobil, yaitu melapor polisi jika mobil mengalami kecelakaan sampai tidak bisa dikendarai lagi. Namun jika mobil masih bisa dikendarai, sebaiknya mobil tersebut dibawa ke salah satu bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi. Apabila mobil telah mengalami kerusakan berat, sebaiknya difoto atau didokumentasikan terlebih dahulu. Foto ini nantinya akan menjadi bukti bahwa benar-benar telah terjadi kecelakaan.

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi perusahaan asuransi melalui telepon, SMS, email atau dengan datang langsung ke kantor perusahaan asuransi. Hal ini harus diprioritaskan untuk menghindari penolakan terhadap klaim yang Anda ajukan karena lewat dari jangka waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Jika sudah melakukan langkah awal seperti di atas, ada prosedur lainnya yang harus dilakukan untuk mengajukan klaim seperti menyerahkan dokumen-dokumen penting yaitu:

  • Fotokopi SIM
    Fotocopi SIM berguna sebagai bukti bahwa si pengemudi memang sudah pantas atau layak untuk membawa mobil. Hal ini juga sekaligus menjadi tanda ijin dari pihak kepolisian yang mengeluarkan SIM tersebut.
  • Fotokopi STNK
    Fotokopi STNK bertujuan untuk meyakinkan pihak perusahaan asuransi sebagai bukti bahwa memang benar Andalah yang memiliki mobil tersebut, dan juga untuk memastikan STNK yang dilampirkan sesuai pada saat pengajuan aplikasi baru asuransi kendaraan.
  • Surat keterangan dari pihak kepolisian
    Surat dari pihak kepolisian ini harus di serahkan sebagai salah satu dokumen persyaratan yang paling penting. Karena hal ini memjadi salah satu tolak ukur berhasil atau tidaknya klaim yang kita ajukan disetujui oleh perusahaan asuransi.
  • Fotokopi polis asuransi
    Ini bertujuan untuk tanda bukti bahwa kita betul betul menjadi anggota dari perusahaan asuransi yang bersangkutan, dokumen ini juga untuk mengetahui apakah premi telah dibayar atau belum.

Setelah melakukan pelaporan, maka diperlukan beberapa waktu bagi pihak perusahaan asuransi melakukan survey klaim untuk membuktikan kebenaran atas kejadian yang telah Anda alami. Bacalah buku polis asuransi Anda untuk melihat syarat-syarat lengkap klaim asuransi kendaraan Anda. Hubungi klaimku.com jika Anda kesulitan memahami ketentuan polis asuransi Anda. Salam cerdas asuransi!