Jangan Takut Resiko Hujan dan Banjir, Ini Solusinya bagi Mobil Anda!

Di Indonesia banjir sudah menjadi fenomena yang sudah biasa. Apalagi jika sudah memasuki musim hujan, banjir akan menjamur di kota-kota besar di Indonesia. BMKG memperkirakan pada Januari dan Februari 2018 ini wilayah Indonesia memasuki awal puncak musim hujan. Hujan memang membawa dampak yang berbeda di setiap daerah contohnya di daerah pertanian seperti Jawa Barat, eksistensi hujan dilihat sebagai berkah bagi kesuburan tanah garapannya. Dan ada juga pihak tertentu yang berbahagia karena telah lama merindukan hujan.

Lalu apa dampak curah hujan yang tinggi bagi Jakarta ?

Bagi Anda yang bertempat tinggal dan beraktivitas sehari-hari di Jakarta pasti tidak asing dengan bencana banjir. Mungkin karena ruang terbuka hijau yang sempit, pembangunan gedung dan hutan beton tidak terkendali, dan banyak warga yang mendirikan rumah di bantaran sungai yang membuat Jakarta semakin rentan akan banjir.

Baca juga : Ingin Hidup Lebih Terjamin? Miliki Lima Jenis Produk Asuransi Ini

Pemerintah memang sudah berupaya untuk membenahi tata kota Jakarta untuk meminimalisir timbulnya banjir, tetapi sampai sekarang tidak bisa dipungkiri lagi kalau banjir tetap terjadi. Hal ini tentu saja akan merugikan kita semua karena semua aktivitas akan terhambat karena banjir, apalagi bagi Anda yang mengendarai kendaraan seperti mobil untuk menuju tempat kerja yang akses jalannya terkena banjir.

Pentingnya asuransi mobil pada saat musim hujan 

 

Bila kondisi di atas menimpa Anda, maka satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap kendaraan Anda adalah asuransi. Ada banyak asuransi kendaraan di Indonesia yang mungkin bisa jadi pilihan seperti Asuransi Mobil Sinarmas (Simasnet), Asuransi Mobil Adira Autocillin, Asuransi Mobil MAG, Asuransi Mobil Malacca, Asuransi Mobil ACA, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu pahami dan pastikan bila kendaraan yang Anda miliki telah dilengkapi dengan jaminan perlindungan terhadap banjir, agar sewaktu-waktu bila kendaraan Anda terkena banjir, Anda mendapatkan perlindungan atas kejadian tersebut.

Baca juga : Kaleidoskop 2017: Kisruh Perusahaan Asuransi vs Nasabah

Memiliki asuransi kendaraan akan membantu Anda menghindari berbagai macam risiko dan kerugian yang timbul pada saat-saat tak terduga, misalnya: ketika terjadi kecelakaan dan kerusakan pada mobil Anda, ketika Anda mengalami musibah kehilangan mobil tersebut, bahkan sampai mengalami mogok saat terkena banjir. 

Akan sangat bijak bila Anda telah memiliki asuransi tersebut di saat pertama kalinya Anda memiliki sebuah kendaraan, karena pada dasarnya Anda tidak pernah tahu kapan sebuah musibah akan datang dan menimbulkan kerugian.

Gambar via tirto.id

Sebagai bentuk perlindungan, lakukan beberapa poin di bawah ini sebelum musim banjir datang dan merusak kendaraan Anda :

  • Ada baiknya Anda membaca kembali isi dari polis asuransi mobil yang Anda miliki dan perhatikan poin tertulis mengenai pertanggungan kerusakan mobil akibat banjir. Biasanya hal ini akan dinamakan dengan istilah “perluasan”.
  • Bila ternyata tidak ada perluasan risiko banjir di asuransi kendaraan yang Anda miliki, maka Anda harus segera menghubungi pihak asuransi terkait untuk meminta penambahan perluasan tersebut ke dalam polis asuransi kendaraan yang Anda miliki.
  • Namun meskipun kendaraan yang Anda miliki sudah mendapat perluasan pertanggungan risiko banjir dari asuransi, bukan berarti Anda bisa dengan sengaja menerobos tingginya genangan air. Sebisa mungkin Anda harus tetap menghindari genangan air dan menjaga agar kendaraan tidak terkena banjir.
  • Ada alasan kenapa Anda harus tetap menghindari jalan yang tergenang air, hal ini penting dilakukan agar klaim asuransi kendaraan yang Anda miliki tidak gugur, karena perbuatan yang sengaja memaksa atau menerobos daerah yang terkena banjir merupakan salah satu hal yang dapat menggugurkan klaim. 

Gambar via tantemobil.com

Bagaimana cara klaim asurasi mobil yang terkena banjir ?

Walaupun dasarnya Anda sebagai pemilik pertanggungan asuransi kendaraan yang mencakup perluasan banjir bukan berarti Anda bisa menerobos genangan banjir dengan sengaja dan tidak memikirkan kerusakan yang akan di alami oleh kendaraan. Pihak penyedia asuransi juga memiliki ketentuan dan batas standar yang akan mereka tanggung terhadap kendaraan Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa di lakukan ketika ingin mengklaim asuransi kendaraan yang di akibatkan oleh banjir :

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi call centre / kantor perwakilan asuransi terdekat dengan segera. Informasikan dengan jelas mengenai posisi kendaraan dan kondisi genangan air atau banjir yang terjadi.
  • Segera putuskan aliran listrik di mobil, termasuk aki dan jangan pernah menghidupkan mesin mobil bila kondisi mobil telah mulai terendam air.
  • Ada baiknya Anda segera meminta bantuan evakuasi untuk menghindari kerusakan pada area mesin.
  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti nomor polis atau bila ada fotokopi sekaligus dokumen tersebut, hal ini akan mempermudah proses klaim.
  • Pada umumnya proses pelaporan klaim ini harus sudah dilakukan maksimal 72 jam setelah kejadian. Namun aturan ini bersifat fleksibel dan tergantung pada layanan dan ketetapan yang dimiliki oleh perusahaan penyedia jasa asuransi.

Baca juga : Asuransi Unik Para Artis Terkenal Hollywood

Pada intinya adalah Anda sebagai pemilik atau calon pemegang polis asuransi kendaraan harus jeli dalam memperhatikan perjanjian polis yang berlaku. Di musim hujan ini permasalahaan mobil rusak/mogok karena menerobos banjir akan menjadi hal yang biasa terjadi. Tetapi jika mobil Anda sudah diasuransikan mungkin hal itu tidak akan memberatkan segi finansial Anda. Salam cerdas asuransi!

 

refrensi : cermati.com

About The Author

Related posts

Responsive WordPress Theme Freetheme wordpress magazine responsive freetheme wordpress news responsive freeWORDPRESS PLUGIN PREMIUM FREEDownload theme free