December 14, 2017

Mengenal Key Person Insurance

Seiring perkembangan jaman, asuransi pun ikut berkembang dengan munculnya beragam produk asuransi. Bagi masyarakat awam, asuransi hanyalah sebuah jaminan ketika sakit atau memasuki masa tua dan meninggal dunia. Tetapi lebih daripada itu, asuransi dapat menguntungkan kita tergantung bagaimana strategi yang kita gunakan.

Dalam kehidupan, nyawa adalah hal yang sangat berarti dan tidak ada nilai harganya. Tetapi meskipun tidak memiliki nilai harga, bukan berarti nyawa tidak bisa diasuransikan. Setiap nyawa seseorang adalah kehidupan yang berharga. Baik bagi keluarga maupun bagi tempat dimana orang tersebut bekerja. Keberhargaan nyawa inilah yang di dalam dunia asuransi memiliki nilai UP (Uang Pertanggungan). Jika ada seorang kepala keluarga yang memiliki asuransi jiwa meninggal dunia, maka ahli waris (biasanya keluarga) akan mendapatkan UP yang sudah di tentukan sebelumnya untuk menanggung  biaya keluarga yang ditinggalkan untuk sementara sampai keluarga tersebut dapat berdiri sendiri.

Baca juga Contestability Period: Bagian 1

Lalu bagaimana jika kepala keluarga ini juga adalah seorang kepala perusahaan yang memiliki perusahaan yang sudah berjalan cukup lama dan sudah mempunyai ribuan pekerja? Apakah pihak asuransi juga akan membayar biaya pertanggungan untuk perusahaan yang ditinggal oleh pemilik nya? Jawabannya: Ya, jika perusahaan tersebut membeli asuransi untuk key person (Key Person Insurance).

Key Person Insurance adalah asuransi yang di peruntukkan kepada seseorang yang memegang peran penting sebuah perusahaan, dimana jika orang penting tersebut meninggal dapat mempengaruhi keuangan perusahaan. Untuk mengatasi resiko tersebut, maka perusahaan asuransi akan memberikan uang santunan ketika key person meninggal sehingga dengan uang santunan tersebut diharapkan perusahaan tetap dapat melanjutkan usahanya sampai perusahaan tersebut dapat kembali stabil setelah ditinggalkan oleh key person.

Baca juga Pro Kontra Produk Cash Plan

Key Person Insurance juga berperan penting penting untuk perusahaan yang baru memulai usaha dan pendapatan ekonominya masih belum stabil, yang mana jika terkena musibah seperti meninggalnya pemilik usaha, otomatis keuangan juga pasti akan mengalami masalah, tetapi dengan adanya Key Person Insurance, persoalan seperti ini bisa teratasi. Perusahaan asuransi akan mambantu menjaga keadaan keuangan perusahaan agar bisa melanjutkan bisnisnya, tentunya dengan syarat – syarat yang harus dipenuhi.

Meskipun uang pertanggungan baru keluar setelah key person meninggal dunia, tetapi Key Person Insurance bukanlah asuransi jiwa untuk key person tersebut. Key Person Insurance adalah asuransi untuk perusahaan dimana pemegang polisnya juga adalah perusahaan / badan hukum (CV, PT, koperasi karyawan, dll). Oleh karena itu, walaupun termauk asuransi jiwa, produk Key Person Insurance ini dijual di perusahaan asuransi umum.

Baca juga Kejahatan Asuransi Bagian 1: Klaim Fiktif

Jadi, tidak hanya uang pertanggungan jiwa yang dapat diberikan sebagai pengganti nafkah bagi keluarga pemilik asuransi. Jika dihadapkan pilihan untuk menyelamatkan keluarga atau perusahaan, pasti keluargalah yang utama, tetapi kalau bisa di selamatkan keduanya kenapa tidak?

“Seseorang dapat menganggap asuransi sebagai biaya yang memberatkan atau sumber pemasukan tergantung dari cara pandang masing-masing. Satu hal yang pasti resiko kehidupan AKAN dan PASTI datang. Siapkah anda ketika resiko kehidupan datang ? – Alvin Lim, SH, MSc, CFP