Per April 2018, Premi Asuransi Kesehatan Swasta di Australia Naik 3,95 %

Klaimku.com – Jika Anda berencana tinggal di Australia, negara yang dikenal dengan keberadaan hewan Kangguru maka Anda harus menyiapkan dana lebih terutama untuk dana asuransi kesehatan. Pasalnya mulai April 2018 ini pemerintah Australia menaikan biaya asuransi kesehatan swasta hingga 200 dolar Australia atau sekitar 2 juta rupiah per tahun.

Dilansir dari australiaplus.com, kenaikan biaya premi tersebut dikarenakan industri pendanaan kesehatan di Australia membayarkan lebih banyak biaya perawatan kesehatan. Kenaikan anggaran untuk premi asuransi kesehatan swasta tersebut bernilai sekitar $ 1 milliar (Rp 10.5 triliun) yang harus ditanggung 13 juta penduduk Australia. Menurut Menteri Kesehatan Pemerintah Federal Australia Greg Hunt, kenaikan premi ini jauh lebih rendah dari pada kenaikan premi yang diberlakukan setiap tahun dibawah pemerintahan Kevin Rudd dan Julia Gilliard.

Pemerintah federal menyatakan kenaikan premi sebesar 3,95% tersebut adalah kenaikan tahunan yang paling sedikit selama kurun waktu 17 tahun terakhir dibawah pemeritahan partai liberal dan partai buruh. Kenaikan ini juga lebih kecil dibanding kenaikan biaya kesehatan yang mencapai 4 % pada tahun ini.

Baca juga : Waspada Celaka Di Tempat Wisata, Siapa Paling Bertanggung Jawab?

Meskipun demikian pihak partai oposisi pemerintah yang menjabat Menteri Kesehatan Oposisi, Catherine King menyayangkan adanya peningkatan premi tersebut. “Saya kira itu bukan pemodelan yang baik ketika Anda memiliki keluarga Australia yang sudah mengalami kesulitan akibat tingkat pendapatan yang stagnan dan meningkatnya harga barang-barang kebutuhan dan juga tagihan listrik. Mereka benar-benar kesulitan untuk membayar biaya-biaya yang melampaui kemampuan mereka, dimana mereka sekarang harus membayar biaya hampir sebanyak $ 1 miliar untuk tahun ini.” ucap Cathrine.

Meskipun ada nada penolakan dari partai oposisi terkait kebijakan pemerintah yang menaikan biaya premi asuransi kesehatan swasta di Australia, Kepala Eksekutif Private Healthcare Australia Rachel David selaku badan induk sektor asuransi kesehatan swasta justru menyatakan persetujuan dengan program tersebut karena dinilai kenaikan harga penyediaan layanan kesehatan sudah tidak terkendali.

“Berbagai pengaturan anggaran pemerintah yang telah dipaparkan selama 7 tahun terakhir memiliki dampak merugikan yang signifikan terhadap keterjangkauan (asuransi) bagi banyak warga Australia, selain itu industri pendanaan kesehatan juga tidak berusaha menarik keuntungan dari kenaikan ini.” ujar Rachel.

Baca juga : Operasi Plastik Dalam Dunia Asuransi

Dengan adanya premi kesehatan asuransi swasta tersebut membuat warga yang tinggal di Australia mengeluarkan uang yang lebih untuk biaya perlindungan kesehatan berupa asuransi. Oleh karena itu, pemerintah Autralia menganggap asuransi itu penting sehingga asuransi swastapun diregulasi dalam penetapan premi yang harus dibayarkan (RD).

About The Author

Related posts

Responsive WordPress Theme Freetheme wordpress magazine responsive freetheme wordpress news responsive freeWORDPRESS PLUGIN PREMIUM FREEDownload theme free